Bagaimana cara menjaga kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana cara menjaga kesehatan Yang Perlu Anda KetahuiTips Cara Menjaga Kesehatan yang Baik Kunci untuk menjaga kesehatan yang baik adalah kombinasi dari banyak faktor seperti olahraga teratur, diet yang baik, manajemen stres, keseimbangan kehidupan kerja, hubungan yang sehat, harga diri yang tinggi dan banyak lagi.

  1. Tetap Terhidrasi

Bagaimana menjaga kesehatannya? Sesederhana minum banyak air dan cairan agar Anda tetap terhidrasi setiap saat. Minum air secara teratur sepanjang hari adalah penting karena kita terus kehilangan air dari tubuh kita dalam bentuk urin dan keringat. Air melakukan beberapa fungsi penting seperti membilas bakteri keluar dari kandung kemih, membantu pencernaan, membawa nutrisi dan oksigen ke sel, mencegah sembelit dan menjaga keseimbangan elektrolit (natrium). Ahli Gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood mengatakan kepada kami, “Saya merekomendasikan seseorang untuk mengkonsumsi setidaknya 2 setengah liter air sehari. Untuk mengisi kembali air yang hilang, ini sangat penting. Asupan air perlu ditingkatkan jika pola aktivitas orang tersebut sangat tinggi seperti untuk atlet atau mereka yang berolahraga secara teratur karena mereka cenderung kehilangan lebih banyak air. ”

2.Makan Banyak Buah dan Sayuran

Tubuh membutuhkan pemasukan vitamin dan mineral secara konstan. Diet kaya buah-buahan dan sayuran memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Semua buah-buahan dan sayuran berperan dalam menyediakan berbagai vitamin dan mineral. Termasuk banyak sayuran dan buah-buahan berwarna cerah dan dalam seperti jeruk, tomat merah, beri ungu dan sayuran hijau karena semuanya kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penyakit. Anda melemparkan salad yang menarik, atau bahkan membuat chaat buah yang lezat atau mencampurkannya dalam smoothie kental.

  1. Jangan Lewatkan Makanan Anda
READ  Mengenal Beragam Informasi Seputar Cara Meningkatkan Imunitas

Pernah makan memainkan perannya. Karenanya, melewatkan satu dari tiga makanan utama hari itu dapat berdampak negatif. Otak dan tubuh Anda membutuhkan bahan bakar untuk berlari. Otak Anda membutuhkan pasokan glukosa dan kekurangannya bisa membuat Anda lesu. Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan metabolisme Anda melambat, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau mempersulit penurunan berat badan. Ketika Anda melewatkan waktu makan, tubuh Anda mengaktifkan ‘mode bertahan hidup’, yang berarti bahwa ia membutuhkan lebih banyak makanan daripada biasanya, dan yang akhirnya menghasilkan makan berlebihan.

  1. Hindari Lemak, Makanan Olahan

Semakin segar, semakin baik. Makanan cepat saji dan makanan olahan atau kemasan sering kali datang dengan sejumlah bahan pengawet dan aditif untuk meningkatkan daya simpan. Selain itu, mereka dapat menyembunyikan kadar gula dan natrium yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit gaya hidup seperti diabetes, tekanan darah, obesitas, dan banyak lagi. Makanan olahan juga memiliki kualitas ‘memuaskan’ yang berarti bahwa untuk rasa asin, manis atau pedas, otak Anda mulai menganggapnya sebagai makanan ‘hadiah’ dan yang mengarah pada mengidam yang tidak perlu.

  1. Sertakan Lebih Banyak Daging Tanpa Lemak, Produk Susu Rendah Lemak, dan Gandum Utuh Untuk Diet Anda
READ  Mengenal Lebih Mendalam Informasi Seputar Senam Untuk Lansia

Kunci untuk mempertahankan kesehatan yang baik adalah memiliki diet seimbang. Dengan buah-buahan dan sayuran, Anda membutuhkan campuran susu, produk susu, daging, lentil dan kacang-kacangan yang baik. Pilih susu rendah lemak, yogurt, keju, daging tanpa lemak, ikan (kurangi daging baca), beras merah, millet dan gandum untuk hasil yang lebih sehat. Ketika berbicara tentang biji-bijian, biji-bijian utuh lebih baik. Tepung dan biji-bijian olahan seperti maida dan nasi putih rendah nutrisi. Biji-bijian utuh mengandung serat dan nutrisi yang membuat Anda kenyang dan kenyang, ”kata praktisi kesehatan dan ahli gizi Macrobiotioc, Shilpa Arora. Dia juga menambahkan, “Jenis karbohidrat yang Anda makan itu penting. Sebagian besar karbohidrat kita harus menjadi Indeks Glikemik Rendah yang berarti mereka tidak boleh menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darahmu dan memberikan pelepasan energi secara lambat.

  1. Muat dengan Lemak Baik
READ  Cara mengobati penyakit jantung

Lemak telah lama dianggap sebagai penjahat, tetapi tidak semua lemak jahat. Lemak diperlukan, terutama untuk menyeimbangkan hormon, menjaga kulit dan rambut Anda tetap sehat dan menjaga proses pencernaan Anda. Menghilangkan kelompok makanan tidak pernah berkelanjutan. Lemak tak jenuh lebih sehat daripada lemak jenuh dan trans. Anju Sood menyarankan. “Sekitar 15 hingga 20 persen dari asupan kalori Anda harus menjadi lemak, dari yang 50 persennya harus berasal dari sumber yang terlihat (ghee, mentega, dan minyak) dan sisanya dari sumber yang tidak terlihat yang sudah ada dalam makanan yang Anda makan. Alpukat dan kenari adalah sumber lemak yang baik bersama dengan minyak goreng seperti minyak zaitun dan minyak mustard. ”

Sumber
https://food.ndtv.com

sumber gambar

Tips Kesehatan dan Informasi Seputar Penyakit Terlengkap